Kamis, 27 Juni 2019

MENENTUKAN ORDE REAKSI BERDASARKAN PERCOBAAN

MENENTUKAN ORDE REAKSI BERDASARKAN PERCOBAAN


Laju reaksi didefinisikan sebagai berkurangnya konsentrasi pereaksi per satuan waktu atau bertambahnya konsentrasi hasil reaksi per satuan waktu.
Ada empat faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia yaitu:
a. Luas permukaan
b. Konsentrasi
c. Suhu
d. Katalis

Orde reaksi adalah bilangan pangkat zat-zat pereaksi yang menyatakan faktor konsentrasinya dalam laju reaksi kimia. Orde reaksi hanya dapat ditentukan berdasarkan percobaan. Di beberapa reaksi, orde reaksi sama dengan koefisien zat pereaksi. Orde reaksi dapat berupa bilangan nol, satu, dua, tiga, dapat dapat berupa bilangan pecahan.

Selain ditentukan berdasarkan perubahan konsentrasi yang terjadi pada setiap zat pereaksi dan hasil reaksi per satuan waktu, laju reaksi juga dapat ditentukan dengan menerapkan hukum laju pada data konsentrasi zat pereaksi dari hasil percobaan.

Dari data percobaan pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi dapat dibuat grafik hubungan laju reaksi dan konsentrasi pereaksi. Bentuk grafik yang diperoleh dapat untuk meramalkan tingkat reaksinya.

Berikut video pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi untuk menambah wawasan kita. Silakan disimak video berikut!
https://drive.google.com/open?id=13QIkt_CFRdSAyxP7VGddAhJ4OWaxlf_o







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

MENENTUKAN ORDE REAKSI BERDASARKAN PERCOBAAN

MENENTUKAN ORDE REAKSI BERDASARKAN PERCOBAAN Laju reaksi didefinisikan sebagai berkurangnya konsentrasi pereaksi per satuan waktu atau ...